Author [EN] [PL] [ES] [PT] [IT] [DE] [FR] [NL] [TR] [SR] [AR] [RU] Topic: Haramkah mencuci ruang mesin ?  (Read 3350 times)

Chef Ubanovich

Haramkah mencuci ruang mesin ?
« on: January 14, 2013, 04:13:56 PM »
  • Publish
  • Melongok ruang mesin mobil oom Putra, oom Kamal dan oom Syifa saat kopdar di BSD kemarin, wuiiihhhh .... suerrreeeeemmmm (kata anak saya) ...  :P

    Ada kelabangnya gak, Pah ? wkwkwkwkwwk ....
    Saya bilang .... ruang mesinnya memang nggak bersih (nggak tega bilang kotor). Makanya ... pawangnya necis2 semua. Beda dengan Papa ... xixixixixi ....

    Mencuci mesin sebenarnya juga tidak haram dilakukan dengan semprotan dengan tekanan tinggi, meski tidak dianjurkan. Asal tau mana yang boleh dan mana yang tidak, mestinya aman2 saja. Jangan mencuci mesin dalam keadaan panas.

    Yang harus dihindari terkena semprotan air secara langsung, antara lain : ECU, koil, sambungan kabel busi di koil dan chop busi, lubang busi, box sekring, dan segala konektor kelistrikan.

    Untuk kotoran yang tidak terlalu keras, bisa gunakan air sabun dengan kuas sebagai aplikatornya. Lalu segera bersihkan dengan menggunakan lap kaos hingga kering.

    Sedangkan untuk kotoran yang sudah mengeras, bisa gunakan cairan multipurpose cleaner yang bisa diperoleh di toko/supermarket atau di toko kimia (alternatif murah berkualitas) . Atau bisa juga gunakan engine degreaser.

    Setelah bersih, giliran mempercantik ruang mesin agar tampak selalu bersih dan segar. Cukup gunakan semir ban mobil. Lagi-lagi .... untuk mendapatkan material yang murah namun berkualitas, saya memilih beli di toko kimia.

    Langsung oleskan saja semir ban mobil tadi ke semua bidang yang terbuat dari plastik/karet yang ada di ruang mesin termasuk talang air yang berada dibawah kaca depan. Sebagai aplikatornya, bisa gunakan kuas atau busa/sponge.

    Sisi positif lainnya selain ruang mesin kita akan tampak bersih, segar dan mengkilat .... semir yang terbuat dari bahan silicone tadi, dapat mempertahankan material karet/plastik agar tetap lentur.


    Salam,
    Oom Uban
    B/Rgds,

    Oom Uban
    White Fat Crocs

    Re: Haramkah mencuci ruang mesin ?
    « Reply #1 on: January 14, 2013, 06:34:32 PM »
  • Publish
  • Om Uban,

    Info bermanfaaat sekali...saking semangat nya nyuci mesin kemarin pake diguyur air, mesin mobil agak pincang mungkin airnya basahin busi. Kalo gak sekali-kali ngumpul terus nyuci bareng dikomandoi OU ;)

    Kalo ke toko kimia terus nanyanya semir ban atau bahan apa Om?

    Ditunggu sharing bermanfaat lain buat dummy kayak saya hehehe..

    Chef Ubanovich

    Re: Haramkah mencuci ruang mesin ?
    « Reply #2 on: January 14, 2013, 08:35:36 PM »
  • Publish
  • Om Uban,

    Info bermanfaaat sekali...saking semangat nya nyuci mesin kemarin pake diguyur air, mesin mobil agak pincang mungkin airnya basahin busi. Kalo gak sekali-kali ngumpul terus nyuci bareng dikomandoi OU ;)

    Kalo ke toko kimia terus nanyanya semir ban atau bahan apa Om?

    Ditunggu sharing bermanfaat lain buat dummy kayak saya hehehe..

    Bilang saja semir ban, Oom  ....
    B/Rgds,

    Oom Uban
    White Fat Crocs

    putradbm

    cuci ruang mesin
    « Reply #3 on: January 17, 2013, 10:42:02 AM »
  • Publish
  • ruang mesin saya, kayaknya gak kotor2 amat deh....wkwkwkw...Ngeles.com

    Sekalian bersihin ruang mesin, sebaiknya bersih2 intake pake carburator cleaner...sekalian filter udara...tapi hati2 leher yang didekat intake, yg suka patah, dijaga dan dilem lagi kalau perlu....yang barunya lumayan tuh 650k.  pengen beli juga sih, eventually....:P
    CEO-021
    Black Thunder, optra 2005, B 8782 NZ, Jakarta

    putradbm

    Re: cuci ruang mesin
    « Reply #4 on: January 17, 2013, 10:42:36 AM »
  • Publish
  • lho koq salah masuk nih...mindahinnya gimana ya???wkwkwkwk
    CEO-021
    Black Thunder, optra 2005, B 8782 NZ, Jakarta

    putradbm

    Re: Haramkah mencuci ruang mesin ?
    « Reply #5 on: January 17, 2013, 10:44:56 AM »
  • Publish
  • udaaah merge...akhirnya....sorry sorry, maklum newbie
    CEO-021
    Black Thunder, optra 2005, B 8782 NZ, Jakarta