Author [EN] [PL] [ES] [PT] [IT] [DE] [FR] [NL] [TR] [SR] [AR] [RU] Topic: Jenis-Jenis Transmisi  (Read 978 times)

Chef Ubanovich

Jenis-Jenis Transmisi
« on: September 08, 2015, 03:10:59 PM »
  • Publish
  • Saat di jalan .. tidak jarang kita melihat stiker yang biasanya menempel di kaca belakang mobil bertuliskan Real Man Use 3 Pedals lengkap dengan gambar pedalnya.

    Bagi yang faham . tentu berfikir, pasti mobil tersebut menggunakan transmisi manual.
    Bagi yang kritis . tentu berfikir, memangnya yang tidak menggunakan 3 pedals bukanlah Real Man ?
    Sedangkan bagi yang humanis . juga berfikir, memangnya yang menggunakan 3 pedals hanya Man saja ?

    Manual Transmision
    Pada umumnya, transmisi manual memang dapat dikenali dengan adanya 3 pedal. Pedal gas/akselerasi, pedal rem dan pedal kopling.

    Pedal kopling inilah yang pada saat diinjak, akan mendorong clutch/kopling untuk menekan flywheel sejenak untuk memberikan kesempatan driver memindahkan gigi dengan menggeser tuas versneling.

    Karena saat pelepasan kopling ini bisa diatur seusai kehendak driver pada RPM tertentu, sensasi saat roda spin inilah yang mungkin membuat seseorang menjadi real man.

    Dual Clutch Transmision
    Masih menyoal transmisi manual, pada beberapa mobil keluaran terbaru ada yang menggunakan dua kopling pintar atau lazim disebut dengan Dual Clutch Transmision. Tujuannya adalah agar proses perpindahan gigi bisa berlangsung lebih cepat dan presisi. Jadi saat posisi gigi 1, pedal kopling dilepas kopling berikutnya sudah siap menekan flywheel untuk memasukkan gigi ke 2 dan seterusnya.

    Beberapa merk mobil menyebut teknologi Dual Clutch tersebut sebutannya masing-masing seperti : VW dengan Dual Sequential Gearbox, BMW dengan Sequential Manual Gearbox, Ford  dengan Powershift dan  Porsche dengan PDK atau Porsche Doppelkuplung.

    Automated Manual Transmision (AMT)
    Transmisi ini boleh disebut semi automatic. Saat akan memindahkan gigi, kita tidak perlu lagi menginjak pedal kopling. Jadi cukup dengan langsung memindahkan tuas verneling (pemindah gigi) dan menginjak pedal gas. Dengan demikian, mobil yang menggunakan transmisi ini, hanya memiliki 2 pedal pedal gas dan pedal rem.

    Untuk menjelaskan sistem kerjanya, mirip dengan sepeda motor jenis bebek yang untuk perpindahan giginya tidak memerlukan kopling mekanis.

    Kalau tidak salah . pabrikan yang pertama kali mengaplikasikan transmisi AMT ini adalah Alfa Romeo. Beberapa jenis mobil yang beredar di  Indonesia dan menggunakan sistem AMT, antara lain Proton Savvy, Smart dan Fiat.

    Dan (mungkin satu-satunya) alat tambahan yang cukup banyak digunakan untuk memodifikasi mobil bertransmisi manual menjadi automatis di Indonesia -dalam arti tidak perlu menginjak pedal kopling- adalah Eazy Clutch.


    Hydraulic Automatic Transmision 
    Jenis transmisi ini sebenarnya sudah mulai diterapkan sekitar tahun 1930-an dan pada awalnya dikendalikan secara full hydraulic dengan menggunakan tekanan fluida yang ada di dalam gear box dengan mengikuti putaran mesin.

    Jadi gigi akan berpindah ke gigi berikutnya (naik-turun) menyesuaikan dengan RPM. Seiring dengan perkembangan teknologi mesin injeksi, teknologi transmisi pintar ini terus berkembang dengan melibatkan sistem elektronik, agar perpindahan gigi lebih presisi, smooth serta efisien.

    Dalam perkembangannya pula, pabrikan kemudian menyematkan teknologi Tiptronic atau Shift Tronic (setiap pabrikan punya sebutan yang berbeda) yang memberikan kebebasan pada driver untuk mengambil alih kendali transmisi menaikkan atau menurunkan gigi transmisi sesuai kehendak driver.

    Continous Variable Transmision (CVT)
    Berbeda dengan jenis-jenis transmisi sebelumnya, transmisi dengan sistem CVT sepintas terllihat mirip dengan transmisi automatis. Hanya ada 2 pedal dan sama-sama menggunakan fluida. Bedanya, CVT tidak lagi menggunakan gigi transmisi.

    Transmisi ini digerakkan dengan pulley yang bergerak selaras dengan putaran RPM. Karena transmisi ini tanpa gigi, jadi tidak akan ada sentakan sama sekali.

    Transmisi jenis seperti ini, umumnya digunakan pada motor jenis skutik. Dan beberapa mobil yang hingga saat ini menggunakan transmisi CVT antara lain Nissan Serena, Nissan X-Trail, Subaru VX dan lainnya.

    Jadi . apabila pengguna mobil dengan transmisi manual memiliki jargon Real Man Use 3 Pedals, menurut saya . pengguna transmisi automatis dapat membuat jargon serupa .. Smart User Just Need 2 Pedals .. :D
    B/Rgds,

    Oom Uban
    White Fat Crocs