Author [EN] [PL] [ES] [PT] [IT] [DE] [FR] [NL] [TR] [SR] [AR] [RU] Topic: Sedotan limun dijadikan alat peningkat velocity udara  (Read 1159 times)

Chef Ubanovich

Sedotan limun dijadikan alat peningkat velocity udara
« on: August 13, 2015, 02:16:19 PM »
  • Publish
  • Minggu pagi (2/8/2015) saat sedang santyai dan asyik menikmati kopi Lampung kegemaran saya, tiba-tiba smartphone saya berbunyi. Tanda ada seseorang yang mengajak chatting melalui japri. Karena untuk group chatting sengaja saya setting silent ..... :D

    Ternyata OD alias Oom Troli sang Kadiv Teknik CEO yang mengontak saya. Dan sepertinya libido pagi tukang oprek mesin itu memang berbeda dengan tukang beset mbok Gemblong ... wkwkwkwkwk .... pagi-pagi sudah ngajak ngobrol soal mesin.

    Efek cafein dan topik obrolan yang menarik, langsung membuat saya segar mendadak .... hehehehe ...
    Topik obrolan pagi itu, ternyata adalah ide untuk meningkatkan velocity udara yang akan masuk ke throttle body dengan bermodalkan rangkaian sedotan yang ditempatkan pada alur inlet udara sebelum filter udara.

    Sore hari, saya mampir sebentar ke penjual alat makan plastik dan membeli sedotan bubble drink yang kebetulan memiliki panjang 15 cm sesuai rekomendasi OD. Tidak perlu waktu lama, sebelum maghrib rangkaian sedotan sudah terinstall. Dan hasilnya benar-benar instan. Namun karena tugas ke luar kota, "proyek" tersebut saya tinggal beberapa hari.

    Pulang dari luar kota OD menyarankan untuk menggunakan sedotan dengan lubang yang lebih kecil lagi. Hari minggu (9/8/2015) ide tersebut langsung saya eksekusi. Namun rupanya saya sempat salah perhitungan .... panjang sedotan rupanya terlalu panjang. Efeknya .... tenaga luar biasa responsif, namun diimbangi FC yang meningkat drastis alias boros.

    Alhasil .... pada tanggal 11 kemarin saya bongkar kembali, dan benar saja .... panjang sedotan yang saya rangkai adalah 18 cm. Setelah saya potong menjadi 15 cm, akselerasi kembali smooth dan FC juga bersahabat. Dan saat diinginkan, mesin juga mudah diajak untuk responsif.

    Mengapa efek peningkatan velocity menjadi demikian ajaib ? Dengan jumlah yang sama, namun kecepatan udara yang melalui lubang hose meningkat, efek turbulensi udara yang terjadi di dalam box air filter menuju throttle body menjadi berkurang, dan udara dapat mengalir lebih cepat ke throttle body.

    Selamat mencoba .....
    « Last Edit: July 19, 2016, 02:30:43 PM by Chef Ubanovich »
    B/Rgds,

    Oom Uban
    White Fat Crocs